19 Mei 2011

Gerah sama BM gajelas

Pernah gak dikirimin broadcast messages? entah itu hoax, junk, chain messages, jokes, news, dll. Gue gerah banget sama BM2 gajelas dari para BB user lain yang ga ngerti kalo kebanyakan yang kalian BM-in itu ternyata cuma HOAX.

Pada dasarnya fitur broadcast message diciptakan agar pengguna BB dpt lebih mudah jika ingin menyebarkan berita atau pesan ke beberapa / banyak orang sekaligus. Namun krn BBM ini adalah sebuah trend, sehingga fitur broadcast message ini semakin bergeser fungsinya.

Salah satu contoh broadcast message
Oleh karena itu, gue pengen kasih tips2 buat kalian, supaya ga asal ngirim BM dan ganggu BB user lain
  1. Sebelum melakukan broadcast, pikirkan terlebih dahulu isi dr message tsb, kepada siapa akan anda kirim, dan apa efeknya bagi org yg anda kirim. Kita dianugerahi Tuhan sebuah otak yang luar biasa utk dapat berpikir dan menganalisis. Gunakanlah anugerah Tuhan yg luar biasa tsb dgn baik!
  2. Jika akan mengirim pesan penting seperti: "hei teman2.. jgn lupa hari sabtu ini ngumpul di Cafe Mawar jam 8 bla bla" , maka kirimlah message tsb hanya ke org2 yg membutuhkan info tsb.
  3. Jika akan mengirim berita, pastikan terlebih dahulu kebenaran berita tsb. Apakah itu dikategorikan sebagai NEWS atau HOAX. Kalau memang sudah teruji kebenaran berita tsb, silakan saja jika ingin mem broadcast pesan tsb. Namun akan lebih baik lagi jika anda mencantumkan sumbernya berupa direct link ke sumber berita tsb.
  4. Jika belum tahu pasti akan kebenaran berita tsb, jgn gampang termakan isi pesan dan segera mem broadcast pesan tsb.
  5. Hati-hati dengan berita HOAX yg mencantumkan sumber! Biasanya sumbernya itu palsu atau bukan berupa direct link. Kalaupun ada yg berupa direct link, biasanya ketika di klik, maka link tsb invalid atau masuk ke website yg tidak ada hub dgn berita.
  6. Jika ingin mengirim jokes2, maka tentukan dulu siapa saja org2 yg akan anda kirim. Hati-hati! Tidak semua org akan senang atau terhibur dgn jokes2 yg anda kirim! Terutama jika jokes2 tsb berbau mesum atau porno, krn tidak semua org nyaman dgn jokes2 tsb. Salah2 org tsb malah jd ilfil dgn anda.
  7. Jika ingin mengirim tips2, pastikan tips tsb adalah benar dan jangan sampai malah merugikan org lain!
  8. Jangan gampang termakan oleh chain messages atau pesan berantai! Kalau isi pesan berantai itu adalah sesuatu yg penting, sah2 saja utk disebarkan.
  9. Jangan mengirim junk messages/PEMBAJAKAN! Annoying bro! Contoh: aduh laper nih / duh bosan.. ada yg bisa diajak jalan? / saya homo (paling sering nih -_-)
  10. Jika ingin mengirim cerita2 yg bermakna atau menyentuh atau membangun, sah2 saja namun jangan lupa poin no.11 
  11. Jangan terlalu sering melakukan broadcast messages! Sadar atau tidak sadar, kebiasaan melakukan broadcast messages justru akan membuat org2 di contacts bbm anda merasa terganggu! Jadi jgn heran apalagi tersinggung kalau ada salah satu org di contacts bbm yg menegur anda apalagi sampai menghapus anda dr contact list bbm nya. Ada banyak hal lain yg lebih bagus dijadikan hobi dibandingkan broadcast messaging. 
Beberapa contoh BM HOAX dan Chain Message:
  • Broadcast message yg intinya bahwa RIM memberitahu bahwa server mereka sudah over quota atau penuh. Dan mereka ingin mengetahui para pengguna aktif BBM sehingga para pengguna BB wajib membroadcast pesan tsb. Jika tidak, maka para pengguna yg tidak membroadcast akan mengalami BBM diblokir -___-. Gamungkin woi cuma gara2 ga nge-BM pesan bisa bikin BB lu diblokir
  • Chain messages horror yg mana klo kita nggak nyebarin, maka kita akan terkena musibah atau bencana, didatengin setan, atau yg paling parah mengalami kematian -.-
  • Chain message cinta kasih. Intinya kita disuruh menyebarkan pesan berantai tsb utk membuktikan kalau kita cinta Tuhan / cinta papa / cinta mama, dll. Percuma juga nyebarin BM kayak begini kalo emang kamu ga punya niat sungguh2 untuk mencitai Tuhan/papa/mama kamu. Suatu niat yang baik tidak berawal dari BM iseng belaka.

Blackberry adalah sebuah smartphone, so use it with a smartway . Semoga post ini berguna
Sekian~

2 komentar:

Yu mengatakan...

yoee gw juga males. secara gw juga pengguna BB dulu

diongo mengatakan...

pret lu mal

Posting Komentar